Pusat Pelayanan:

Tekankan Pentingnya Kontrolling, Ust. Ikhram : Jangan Bekerja Hanya Saat Ada Masalah

Wajib Baca

ALMANAR.ID – Pesantren Modern Al Manar, di bawah kepemimpinan Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan yang diberikan kepada santri dan wali santri. Dalam sebuah rapat terbatas, Ahad, 2 Juni 2024 di ruang pimpinan yang dihadiri oleh kepala madrasah aliyah dan tsanawiyah, , serta bagian pendidikan dan pengajaran, Dr. Ikhram menyampaikan pesan penting terkait pengelolaan pesantren yang lebih efektif dan efisien.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Ikhram menekankan bahwa pengurus pesantren tidak seharusnya hanya bekerja ketika ada masalah. Beliau mengingatkan bahwa tindakan yang reaktif seringkali tidak efektif dan justru dapat menunda penyelesaian masalah. Oleh karena itu, beliau mendorong seluruh pengurus untuk melakukan kontrol rutin, sehingga masalah dapat terdeteksi dan diselesaikan secepat mungkin.

“Jangan bekerja hanya saat ada masalah,” ujar Dr. Ikhram. “Pengurus pesantren harus rutin melakukan kontrol, sehingga jika ada masalah, langsung bisa diselesaikan. Jangan menunggu masalah menjadi besar atau menunda-nunda pekerjaan.”

Pesan ini sangat relevan dalam konteks pengelolaan sebuah lembaga pendidikan seperti pesantren. Kontrol rutin yang dimaksud oleh Dr. Ikhram mencakup berbagai aspek, mulai dari kebersihan lingkungan, disiplin waktu, hingga ketaatan pada aturan-aturan yang telah ditetapkan. Dengan melakukan kontrol secara berkala, pengurus pesantren dapat mengidentifikasi potensi masalah lebih dini dan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah masalah tersebut berkembang menjadi lebih serius.

Selain itu, Dr. Ikhram juga menekankan pentingnya komunikasi yang efektif antara pengurus pesantren dan para guru. “Masalah tidak harus menunggu laporan terlebih dahulu. Jika ada hal-hal yang dirasa kurang, segera laporkan dan tindak lanjuti. Dengan begitu, kita bisa menjaga agar segala sesuatu berjalan lebih lancar dan efektif,” tambah beliau.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas kerja dan pelayanan, Dr. Ikhram juga berharap bahwa seluruh pengurus pesantren dapat lebih aktif dalam melakukan kontrol rutin. Hal ini tidak hanya akan membantu dalam mendeteksi masalah lebih awal, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja keseluruhan pesantren. “Dengan sering melakukan kontrol, kita bisa mengetahui masalah lebih awal dan menyelesaikannya sebelum menjadi besar. Ini akan membuat pekerjaan kita lebih mudah dan hasilnya lebih optimal,” jelasnya.

Pentingnya kontrol rutin ini juga dirasakan oleh kepala madrasah aliyah dan tsanawiyah Al Manar. Mereka menyambut baik arahan dari Dr. Ikhram dan berkomitmen untuk lebih sering melakukan kontrol di bidang masing-masing. “Arahan dari Ust. Ikhram sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas pengelolaan. Kami akan berusaha untuk lebih proaktif dalam mendeteksi dan menyelesaikan masalah,” ujar Ust. Enri Maulidi, S.Pd.I, Gr, M.Ag, Kepala Mts Al Manar.

Melalui kontrol rutin, berbagai aspek pengelolaan pesantren dapat terus dipantau dan ditingkatkan. Ini mencakup kedisiplinan para santri dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, kebersihan asrama, serta pemeliharaan fasilitas pesantren. Dengan demikian, pesantren Al Manar dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada para santri dan wali santri.

Sebagai penutup, Dr. Ikhram mengingatkan bahwa peningkatan pelayanan dan kinerja adalah tujuan utama dari setiap tindakan yang dilakukan oleh pengurus pesantren. “Harapan saya, dengan meningkatkan kontrol rutin, kita dapat meningkatkan pelayanan dan kinerja kita. Semua ini demi kebaikan santri dan kemajuan pesantren kita,” pungkas beliau.

Pentingnya kontrol rutin dan tindakan proaktif yang ditekankan oleh Dr. Ikhram M. Amin ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur semua pengurus pesantren dalam mengelola lembaga pendidikan. Dengan pendekatan yang sistematis dan terencana, berbagai masalah dapat diantisipasi dan diselesaikan dengan lebih efektif, sehingga kualitas pendidikan dan pelayanan terus meningkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini