Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar
Pendahuluan
Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar yang berdiri pada tahun 2004, merupakan Madrasah yang bernaung di bawah Pesantren Modern Al-Manar. Madrasah yang berada dalam komplek Pesantren Modern ini terletak di Desa Lam Permei Cot Irie Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Adanya kurikulum terpadu dengan Pesantren, nantinya diharapkan siswa/siswi Madrasah Aliyah Swasta Al Manar memiliki dasar pengetahuan agama dan bahasa yang kuat. Sehingga menjadi pijakan yang mantap dalam mempelajari disiplin ilmu lain.
Sebagai Madrasah yang berdiri dibawah naungan Pesantren Modern Al-Manar selalu mengamalkan nilai-nilai kepesantrenan yang bertujuan memeberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya insani dan menciptakan insan kamil yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual. Pesantren Modern Al-Manar ini di kelola langsung oleh alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dan Alumni Pesantren Modern Al-Manar ini di pimpin oleh Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, M.Pd dengan sistem pendidikan terpadu. Di samping pendidikan kurikuler juga di terapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa Inggris sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi.
Visi & Misi
Visi
Sesuai dengan misi Pesantren Modern Al-Manar visi Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar adalah terciptanya sumber daya insani yang memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual, yang senantiasa berta’abbud kepada Allah serta mengimplementasikan fungsi khalifah di muka bumi.
Misi
KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN
Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar menggunakan sistem pendidikan terpadu antara Kurikulum Nasional, Kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dan Kurikulum Dayah Aceh dengan pendekatan KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi) dan CTL ( Contectual Teaching and Learning). Pendekakatan KBK memberikan penekanan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu. Sedangkan pendekatan CTL memberikan penekanan bahwa peserta didik belajar melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika peserta didik ”mengalami” apa yang dipelajarinya, bukan ”mengetahuinya”.
Kurikulum terpadu ini diaplikasikan dengan prinsip kontinuitas seiring dengan kurikulum yang berlaku. Dan di samping pendidikan kurikuler di atas, Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Manar juga menerapkan pendidikan ekstrakurikuler dengan tujuan memberikan bekal keterampilan bagi siswa, antara lain; Pidato 3 Bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Diskusi Wawasan Keislaman, Tahfidh Al-Qur’an, Dalail Khairat, Kegiatan Kepanduan, Komputer, Olahraga, Seni Bela Diri, Tarian Kesenian Aceh dan Nusantara, Organisasi Siswa,Arsitektur dan Pertamanan, Aneka Perlombaan, Koperasi, Agribisnis, Pertanian, Wisata Ilmiah, dan Praktikum Mengajar.
KUALIFIKASI TENAGA PENGAJAR
SISTEM EVALUASI
Sistem evaluasi yang diterapkan di Madrasah Aliyah Swasta Al-Manar mencakup: