Pusat Pelayanan:

Amaliyah Tadris, Cara Pesantren Al Manar Melahirkan Guru Yang Ideal

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Menjadi guru yang ideal adalah salah satu tujuan Pesantren Modern Al Manar dalam melahirkan generasinya.  Karena dengan guru yang ideal, akan lahir generasi yang ideal pula, ideal dalam bertindak, berpikir, dan bergerak.

Sabtu, (27/2/2021), santri kelas akhir Pesantren Modern Al Manar mulai mengikuti kegiatan praktek mengajar (Amaliyah Tadris) perdana di aula gedung serba guna.

Adapun yang menjadi guru pengajar adalah Ikhramul Ghifari dari putra dan Anisa Muflihah dari putri perwakilan dari santri kelas akhir tampil perdana sebagai tanda dimulainya kegiatan Amaliyah Tadris.

Melatih Keterampilan Mengajar dan Mentalitas Santri

Amaliyah Tadris atau sering disebut dengan Micro Teaching merupakan salah satu program pesantren untuk melahirkan guru-guru handal dan ideal. Program ini berlaku untuk santri kelas akhir yang akan segera mengakhiri pendidikannya di pesantren.

Amaliyah Tadris ini sendiri bertujuan agar para santri memiliki bekal dalam mengajar. Meskipun nantinya tidak semua dari mereka menjadi guru, karena mengajar tidak harus menjadi guru.

Selain melatih keterampilan dalam mengajar, Amaliyah Tadris ini juga mendidik mentalitas santri.

Diwajibkan Membuat RPP dan Dievaluasi Bersama Setelah Mengajar

Dalam pelaksanaannya, santri ini diwajibkan untuk membuat persiapan atau sering disebut dengan istilah “I’dad Tadris” atau yang dikenal dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlebih dahulu sebelum tampil mengajar.

Setiap santri didampingi oleh guru pembimbing masing-masing, yang akan membimbing santri membuat dan menyusun I’dad Tadris atau RPP.

Para santri dibekali tentang metode mengajar (thariqah), materi yang akan disampaikan (maddah), bahasa yang akan digunakan (lughah), kepribadian guru ketika mengajar (ahwal mudarris), agar menjadi mudarris yang profesional. Selain itu, cara mengkritik (darsun an-naqd) juga disampaikan saat pembekalan agar santri belajar mengkritik dan mengevaluasi santri lainnya dengan baik.

Setiap santri diberikan kebebasan dalam memilih mata pelajaran sesuai kemampuan dan minat serta penilaian bagian pengajaran. Tiap santri mengambil satu mata pelajaran dalam praktik mengajar. Pilihan mata pelajaran yang dipraktikkan terdiri atas dua kelompok, berbasis (pengantar) bahasa Arab dan yang berbasis bahasa Inggris.

Saat tampil mengajar, santri yang menjadi pengajar ini akan dinilai, diperhatikan, dievaluasi dan dicatat setiap kesalahan saat mengajar oleh guru pembimbing dan teman sekelasnya.

Setelah praktek mengajar ada kegiatan Darsun an-Naqd atau kegiatan Mengkritik Proses Belajar dan Mengajar, kegiatan inilah yang tidak kalah menarik dan menantang selain menjadi guru praktikan. Karena kritikan yang ditulis oleh teman kelompoknya, akan dibahas, dievaluasi bersama dalam forum dengan guru pembimbing dan teman-teman kelompoknya, selain itu yang mengkritik juga harus memberi islah atau perbaikan dari yang kesalahan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Humas Al Manar Dorong Pengurus Gunakan Medsos untuk Publikasi Kegiatan dan Pelayanan

ALMANAR.ID – Dalam upaya meningkatkan transparansi dan pelayanan terhadap santri serta wali santri, Bidang Humas Publikasi Pesantren Modern Al Manar...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini