Pusat Pelayanan:

Ustaz Awaluddin: Jangan Hanya Soroti Kesalahan, Apresiasi Usaha Santri

Wajib Baca

ALMANAR.ID – Dalam kegiatan penataran guru baru Pesantren Modern Al Manar, Jum’at, 7 Juni 2024, Ustaz Awaluddin, S.Pd.I, G.r, M.Pd, Kepala Madrasah Aliyah Al Manar, menyampaikan pesan penting bagi para pendidik baru. Beliau menekankan pentingnya membangun hubungan positif dengan para santri melalui apresiasi dan bimbingan yang konstruktif.

Dalam materinya, Ust. Awaluddin menekankan pentingnya pendekatan positif dalam mendidik para santri. “Hendaknya guru tidak cepat menghakimi santri atau siswa dalam kesalahan,” ujarnya. “Kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Jika kita hanya fokus pada kesalahan mereka, kita akan melewatkan kesempatan untuk memberikan apresiasi terhadap usaha dan pencapaian mereka.”

Ust. Awaluddin mengingatkan bahwa santri, seperti halnya semua manusia, membutuhkan dorongan dan pengakuan. Apresiasi dari guru bisa menjadi pendorong besar bagi mereka untuk terus berusaha dan berkembang. “Guru harus memiliki potensi diri dalam menasehati dan mengapresiasi. Jangan hanya menyoroti kesalahan murid. Pujian yang tulus dan tepat waktu bisa menjadi motivasi yang kuat.”

Lebih lanjut, Ust. Awaluddin menguraikan tentang pentingnya sikap empati dan pengertian dalam mengajar. Menurutnya, memahami latar belakang dan tantangan yang dihadapi oleh santri adalah kunci untuk memberikan bimbingan yang efektif. “Sebagai pendidik, kita harus bisa menjadi pendengar yang baik dan memberikan solusi yang konstruktif. Jangan sampai kita menjadi sumber stres bagi mereka.”

Dalam penataran ini, Ust. Awaluddin juga menyampaikan beberapa strategi praktis yang bisa diterapkan oleh para guru. Misalnya, ia menyarankan untuk selalu memberikan feedback yang seimbang – mengakui apa yang sudah dilakukan dengan baik sebelum memberikan saran untuk perbaikan. Selain itu, ia menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan suportif, di mana setiap santri merasa dihargai dan didorong untuk berkembang.

Penataran ini bukan hanya menjadi ajang untuk berbagi ilmu dan strategi mengajar, tetapi juga menjadi momen untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan komitmen di antara para guru baru. Mereka diajak untuk melihat peran mereka bukan sekadar sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing dan inspirator bagi para santri.

Dengan arahan dan bimbingan dari Ust. Awaluddin, diharapkan para guru baru ini dapat menerapkan pendekatan yang lebih positif dan empatik dalam mengajar, sehingga dapat menciptakan generasi santri yang cemerlang, berkarakter kuat, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Pesantren Modern Al Manar terus berkomitmen untuk menjadi lembaga pendidikan yang unggul, tidak hanya dalam hal akademis, tetapi juga dalam membentuk kepribadian yang mulia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini