Pusat Pelayanan:

Ujian Santri Kelas Akhir Harus Menjadi Evaluasi Sebelum Jadi Alumni

Wajib Baca

ALMANAR.ID – Salah satu syarat menjadi alumni dan mendapatkan ijazah pesantren adalah santri harus menuntaskan pendidikan selama 6 tahun di pesantren, dan salah satunya mengikuti ujian tahap akhir, pada semester ganjil dan semester genap.

Adapun materi ujian meliputi keseluruhan pelajaran dari kelas 1 Tsanawiyah hingga kelas 3 Aliyah yang diuji mulai dari ujian syafahi (lisan) hingga ujian tahriri (tulis) menggunakan Bahasa Arab dan Inggris.

Sabtu, (24/2/2024) Santriwan dan Santriwati Kelas Akhir Pesantren Modern Al Manar mengikuti ujian tahriri (tulis) tahap akhir semester genap tahun ajaran 2023/2024, yang bertempat di gedung aula pesantren bagi yang putri dan di gedung china bagi yang putra.

Ujian Santri Kelas Akhir Harus Menjadi Evaluasi Sebelum Jadi Alumni

Ust. Awaludin, M.Pd, Koordinator Bidang Pendidikan dan Pengajaran dalam amanat pembukaan ujian tersebut mengatakan bahwa Ujian ini sebagai tolak ukur pemahaman atas masa belajar yang sudah dilalui sebelumnya, harus menjadi bahan intropeksi dan evaluasi selama 6 tahun di pesantren sebelum menjadi alumni, sejauh mana sudah menguasai ilmu fiqh, ilmu bahasa arab dan lain sebagainya.

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa ujian bukan hanya sekedar formalitas, karena selain untuk kompetensi akademik, ujian juga bagian dari menguji kualitas moral.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini