Pusat Pelayanan:

Sibghatullah Ar Rasyid Terpilih sebagai Ketua Alumni Pesantren Al Manar Periode 2023-2027

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Sibghatullah Arrasyid, S.Pd, M.Pd terpilih sebagai Ketua Ikatan Family Al Manar (IFA) Pesantren Modern Al Manar Periode 2023-2027, Ahad (24/9/2023).

Pemilihan tersebut berlangsung di Pantai Kapuk Lhoknga bersamaan dengan Reuni, Peusijuk Alumni Angkatan Ke-XVII  serta Musyawarah Besar Alumni Pesantren Modern Al Manar tahun 2023. 

Dalam Mubes tersebut, Sibghatullah memperoleh suara terbanyak dari pada dua kandidat lainnya, Akhyar M. Daud, S.Pd, MH, dan M. Fajar Shidqi, SH.

Sibghatullah Arrasyid merupakan alumni Pesantren Al Manar Angkatan Ke-VII Tahun 2013. Baru-baru ini ia menyelesaikan magisternya Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Jakarta.

Kepala Sekolah SMA IT Nurul Ishlah Banda Aceh ini juga pernah menjabat sebagai Ketua BEM FKIP Universitas Syiah Kuala Tahun 2016, DPMU USK 2017, LDF Al Mudarris pada Tahun 2014.

Selain itu, santri yang pernah terpilih sebagai santri teladan se- Al Manar ini juga pernah mengabdi menjadi guru pengabdian bagian Bahasa Pesantren Modern Al Manar Tahun 2013 setelah tamat pesantren, menjadi pembina pramuka dan guru pengajar di SMP IT Luqmanul Hakim Tahun 2017, dan saat ini juga menjabat sebagai Sekjen Jaringan Sekolah Islam Terpadu Banda Aceh.

Dengan segudang pengalaman dan riwayat pekerjaan yang pernah digeluti, Sibgha selain sibuk mengurus SMA IT Nurulh Ishlah Banda Aceh, saat ini ia juga aktif mengisi kajian-kajian dakwah keagamaan di lembaga-lembaga kampus atau organisasi mahasiswa, ia juga aktif menulis di media sosial dan mengulas tentang sejarah yang merupakan pelajaran favoritnya.

Dengan banyaknya pengalaman yang ia peroleh, diharapkan dapat membawa kebaikan dan merangkul seluruh alumni Al Manar kedepannya guna membentuk alumni pesantren yang beretika, berintelektual serta berakhlakhul karimah dalam menjujung tinggi nilai-nilai agama, adat dan budaya.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd dalam sambutannya mengharapkan wadah alumni ini menjadi wadah persemaian kader-kader terbaik alumni Pesantren Modern Al Manar, yang bisa membawa kebaikan dan perubahan yang lebih baik untuk diri masing-masing serta dengan lingkungan alumni itu sendiri.

Selanjutnya beliau meminta kepada Ketua IFA terpilih untuk menguatkan ukhuwah antar alumni dengan berbagai kegiatan positif, dan beliau juga memberi tugas pertama untuk ketua IFA terpilih untuk mendata kembali seluruh alumni, lengkap dengan pendidikan yang sudah ditempuh serta pekerjaan yang sedang digeluti.

Pimpinan Pesantren Al Manar Perdana, Dr. Syarifuddin MA, yang juga Dekan Fakultas Adab UIN Ar Raniry turut berhadir memberikan wejangan kepada para alumni. Beliau meminta alumni Al Manar agar terus bergerak untuk meraih kebaikan dan kemuliaan, jangan menjadi pribadi yang berpikir stagnan, tapi harus punya mental dan pola pikir out of the box, dan mengharapkan para alumni untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Selanjutnya, Muhammad Abdullah, S.Tr, Sekretaris Panitia Pelaksana Kegiatan Peusijuk dan Mubes IFA Al Manar, mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh alumni untuk menyukseskan kegiatan hari ini, serta mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kiprahnya kepada pengurus IFA periode sebelumnya yang dipimpin oleh Firman Saputra, SH. Kegiatan mubes alumni ditutup dengan makan siang bersama serta foto bersama seluruh alumni dan dewan guru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Membangun Pesantren Tangguh di Era Global: Dialog Inspiratif Pimpinan Pesantren Al Manar dan Rektor UNIDA Gontor

ALMANAR.ID – Dalam sebuah pertemuan hangat di Solong Coffee Jembatan Pango, Banda Aceh, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H....

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini