Pusat Pelayanan:

Sabtu, Santri Kelas Akhir Mulai Ujian Semester

Wajib Baca

AlManarNews.ID | Mulai hari Sabtu, (18/11/2017) Bagian Pengajaran Pesantren Modern Al Manar mulai meliburkan santri kelas akhir kegiatan belajar mengajar di kelas. Mereka diberi waktu seminggu (Musamahah) untuk mempersiapkan ujian lebih matang, meskipun sebenarnya sebulan sebelumnya mereka sudah diingatkan untuk mempersiapkan ujian semester pertama.

Pelaksanaan ujian semester pertama ini akan mulai dilaksanakan pada Sabtu, (25/11) hingga Rabu, (29/11). Ujian yang diikuti meliputi Ujian Syafahi (Lisan) dan Tahriri (Tulis). Dalam ujian ini para santri akan diuji semua mata pelajaran pesantren mulai dari kelas 1 Tsanawiyah hingga kelas 6 Aliyah. Karena nilai ujian ini menentukan kelulusan mereka untuk menjadi alumni nantinya.

Selain itu, santri mulai kelas akhir ini juga dibebankan hafalan ayat Al Qur’an Juz 30 dan beberapa surat pilihan lainnya, hafalan ini juga salah satu syarat kelulusan santri kelas akhir. Dan pembinaan hafalan ini sudah mulai dilaksanakan saat Ramadhan in Campus pada bulan puasa yang lalu.

Setelah ujian ini berakhir, para santri ini juga akan dihadapkan pada persiapan Ujian Nasional (UN) juga sebagai syarat kelulusan kurikulum nasional. Di Al Manar para santri akan mendapatkan dua ijazah saat lulus nantinya, ijazah pesantren dan ijazah madrasah.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini