Pusat Pelayanan:

Video : Santriwati Al Manar Nyanyikan Himne Aceh Mulia di HSN 2022 , Ini Liriknya !

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Tim aubade santriwati Pesantren Modern Al Manar menyanyikan lagu ‘Hymne Aceh’ pada upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022, Rabu, (26/10/2022).

Lagu ciptaan seniman Mahrisal Rubi ini, bergema di lapangan utama Pesantren Modern Al Manar yang dinikmati oleh seluruh peserta Upacara, termasuk Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. Himne yang dinyanyikan setelah lagu Indonesia Raya ini sebagai bukti nyata kecintaan masyarakat Aceh terhadap para pejuang bangsa terdahulu.

Tim paduan suara santriwati ini sangat kompak dan menghayati menyanyikan setiap bait lagu, menggunakan kostum serba putih terasa sangat khidmat terdengar setiap bait lagu yang dilantunkan.

tonton videonya :

Untuk diketahui, keberadaan himne ini diatur dalam Qanun nomor 2 tahun 2018 tentang Himne Aceh. Dalam qanun dijelaskan Himne Aceh merupakan sebuah gita puja yang menyanjung dan memuliakan keberadaan Aceh dalam kaitannya dengan kemakmurannya sebagai sebuah daerah syariah yang terus menerus mendapatkan berkah dari Allah.

Penggunaan himne itu antara lain bertujuan untuk melambangkan keistimewaan dan kekhususan Aceh, membina dan memelihara semangat dan citra berbudaya masyarakat Aceh serta mewujudkan masyarakat Aceh yang damai dan sejahtera.

Dalam qanun juga dijelaskan, himne tersebut diperdengarkan setelah lagu Indonesia Raya untuk menghormati presiden, wakil presiden, gubernur, bupati/wali kota, kepala negara atau kepala pemerintahan negara sahabat.

Selain itu, lagu itu juga diperdengarkan sebelum pembukaan sidang paripurna di DPR Aceh serta DPR kabupaten/kota dan acara resmi pemerintahan. Himne tersebut juga dapat dinyanyikan sebagai pernyataan rasa bangga terhadap Aceh serta acara lain baik di Aceh maupun luar Serambi Mekah.

Berikut lirik lengkap Himne Aceh Mulia ciptaan Mahrisal Rubi:

Bumoe Aceh nyoe keuneubah Raja,
Sigak meubila Bangsa…
Mulia Nanggroe..Mulia dum Syuhada,
Meutuah bijèh Aceh mulia…

Reff.
E Ya Tuhanku…Rahmat beusampoe..
Neubri Aceh nyoe beumulia…

Rahmat Neulimpah..Meutuah asoe..
Aréh keu kamoe beusijahtra…

Aceh meusyeuhu..Makmu ngön meugah..
Sabé tajaga Aceh Mulia…

Peukateuen Aceh meulimpah bagoe, Beumeusaho meusyèdara…
Beusapeue pakat.. beusaboh nyoe meuneumat,
Syari’at Islam keu hukôm bangsa…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Membangun Pesantren Tangguh di Era Global: Dialog Inspiratif Pimpinan Pesantren Al Manar dan Rektor UNIDA Gontor

ALMANAR.ID – Dalam sebuah pertemuan hangat di Solong Coffee Jembatan Pango, Banda Aceh, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H....

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini