Pusat Pelayanan:

Pesantren Al Manar Kedepankan Disiplin Dalam Membentuk Karakter Santri

Wajib Baca

ALMANAR.ID – Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berperan besar dalam membentuk karakter manusia. Tidak diragukan lagi sudah banyak di negeri ini orang-orang pilihan yang berhasil dan mempunyai karakter yang kuat hasil dari jebolan pesantren.

Karena sistem pengasuhan yang diterapkan memang sudah disiapkan untuk mencetak generasi yang berkarakter Islami. Ketika individu berada dalam lingkungan yang kondusif akan lebih memudahkan dalam pembentukkan karakter yang diharapkan.

Namun pada realita yang terjadi masih adanya santri yang masih belum memiliki karakter yang diharapkan padahal mereka berada didalam lingkungan yang menunjang dalam pembentukkan karakter.

Pola asuh yang diterapkan sangat mempengaruhi terhadap terbentuknya karakter santri. Karena dimana pola asuh mencakup ruang lingkup metode yang digunakan untuk mendidik, membimbing serta membentuk karakter yang diharapkan agar menjadikan manusia yang berguna bagi manusia lainnya.

Karena sejatinya karakter adalah proses belajar dari pengalaman. Sehingga karakter manusia masih bisa diperbaiki dan dirubah. Sebagaimana termaktub dalam QS. Ar-Ra’d, ayat 11:

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Penegakan Disiplin Santri Pesantren Modern Al Manar

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd dalam banyak kesempatan di hadapan dewan guru pengurus sering menekankan bahwa orientasi pendidikan santri Pesantren Modern Al Manar adalah pembentukan karakter dengan penegakan disiplin.

Beliau meyakini bahwa seseorang akan sukses dengan berdisiplin, makanya santri pesantren Al Manar dalam beraktivitas selama 24 jam di pesantren semuanya diatur oleh disiplin.

Makanya dalam setiap rapat dewan guru pengurus setiap minggunya beliau selalu mengevaluasi setiap program kerja masing-masing pengurus, dan menekankan kepada bagian pengasuhan santri dan pengajaran untuk serius menegakkan disiplin dalam kehidupan santri sehari-hari.

Di pesantren, Bagian Pengasuhan Santri dan Bagian Pendidikan dan Pengajaran merupakan ujung tombak yang menjalankan roda disiplin pesantren, karena totalitas keseharian santri seluruhnya dibawah kendali dua bagian ini.

Disisi lain, komitmen Pesantren Modern Al Manar dalam menegakkan disiplin adalah dengan mengadakan sosialisasi orientasi aturan pesantren kepada wali santri baru setiap awal tahun ajaran sebelum santri baru masuk asrama. Dalam forum tersebut, masing-masing bagian memaparkan semua aturan pesantren yang akan dibebankan kepada santri dan wali santri.

Pada awal Desember 2023, dalam wawancara dengan TVRI Aceh, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd kembali menegaskan bahwa Pesantren Modern Al Manar terus berkomitmen akan membentuk karakter santri dengan penegakan disiplin kepada santri.

Menurutnya, dengan disiplin santri akan terbiasa melakukan hal-hal yang baik, yang pada awalnya semua santri akan dipaksa mentaati dan menjalankan disiplin, dan pada akhirnya mereka akan terbiasa tanpa adanya paksaan.

Beliau juga menjelaskan bahwa di pesantren ada dua model penerapan disiplin, yang pertama dengan paksaan untuk menumbuhkan kebiasaan, dan yang kedua dengan keteladanan dewan guru, dari apa yang didengar, apa yang dilihat yang semua itu menjadi pendidikan untuk santri.

Simak wawancara Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd selengkapnya disini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Duel Sengit Asatidz Al Manar vs Oemar Diyan Berakhir Imbang 4-4

ALMANAR.ID –Sore tadi, Rabu, 12 Juni 2024, Stadion Al Manar menjadi saksi bisu pertempuran sengit antara para guru (asatidz) dari...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini