Pusat Pelayanan:

Gelar Apel Tahunan, Pesantren Al Manar Beri Penghargaan Untuk Guru & Wali Asrama Teladan

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Pesantren Modern Al Manar memberikan penghargaan kepada Guru dan Wali Asrama Teladan dalam acara Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Tahun 2023, Ahad, (20/8/2023) di Lapangan Utama Pesantren Modern Al Manar.

Adapun guru teladan yang menerima penghargaan diantaranya ; Katagori Wali Kelas Teladan, Ust. Ilham Maulana dan Ustzh. Nadhiratul Husna, S.Pd.I , Wali Asrama Teladan ; Ust. Sahputra, S.Pd dan Ustzah. Elvi Zahri, Guru Pengajar Teladan ; Ust. Rajif Fahmi, S.Pd dan Ustzh. Naimah, S.Si.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM, yang bertindak sebagai Inspektur upacara apel tahunan, Pj Ketua TP PKK Aceh Besar, Cut Rezky Handayani SIP MM dan turut didampingi oleh pimpinan Pesantren Modern Al Manar.

Selain penghargaan untuk para dewan guru, penghargaan serupa juga diberikan kepada santri dan santriwati yang berprestasi, baik itu yang berprestasi tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Anggota DPRA, Ust. Irawan Abdullah, Perwakilan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Bapak Irwan,SH, M.Si, Kadis Syariat Islam Aceh Besar, Rusdi SSos MSi, Perwakilan dari Kwarda Aceh, dan Kadis Dayah Aceh Besar, Adi Darma, S.Pd, M.Pd.

Pj. Bupati Aceh Besar Jadi Inspektur Upacara, Serahkan Bantuan Al Quran dan 100 Sak Semen

Pada Apel apel tahunan pekan Perkenalan Khutbatul Arsy tahun ini, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam sambutanya mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya apel tahunan pekan perkenalan khutbatul ‘arsy tahun 2023 Pesantren Modern Al-Manar ini. Karena apel tahunan ini menjadi ajang memperkenalkan seluruh kegiatan yang ada di pesantren kepada santri baru, masyarakat, dan wali santri.

Di akhir amanatnya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto juga menyerahkan bantuan 40 buah kitab Al Quran Musaf Madinah, dan 100 sak semen untuk Pembangunan Pesantren Al-Manar yang terima langsung oleh Pimpinan Pesantren Modern Al-Manar Ustadz H Fakhruddin Lahmuddin M.Pd.

Sementara itu Pimpinan Pesantren Modern Al Manar Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd, mengapresiasi kehadiran Pj Bupati Aceh Besar menjadi inspektur upacara apel tahunan pekan perkenalan Khutbatul Arsy tahun 2023.

“Terima kasih atas kepedulian Bapak Pj Bupati terhadap keberadaan pesantren di Aceh Besar, termasuk hadir langsung ke Pesantren Kami Al Manar,” tuturnya.

Al Manar, Ragam Budaya, Satu Jiwa, Nusantra Bersinar

Apel tahunan tahun ini mengangkat tema “Ragam Budaya, Satu Jiwa, Nusantra Bersinar”, dan itu terbukti dari aneka penampilan santri, khususnya tarian nusantara banyak menampilkan keberagamanan tarian dan baju adat daerah yang ada di Indonesia.

DCIM\100MEDIA\DJI_0039.JPG

Selain upacara bendera, kegiatan itu juga menampilkan berbagai atraksi yang dilakukan para santri, seperti aksi pencak silat, Deklamasi Puisi, pramuka, hingga berbagai tarian dan kreasi seni lainnya dan diakhiri dengan parade barisan tiap-tiap konsulat santri.

Ziarah Kuburan Mujahidin dan Mujahidah Al Manar

Pada momen Apel Tahunan tahun ini, Pesantren Modern Al Manar juga melakukan ziarah kubur ke makam-makam para mujahidin dan mujahidah Al Manar, Dewan Guru Pengajar maupun pengurus yang pernah mengabdi di Pesantren Modern Al Manar, termasuk menziarahi makam pendiri pesantren, Alm. H. Azhar Manyak.

Adapun kuburan mujahidin dan mujahidah Al Manar yang diziarahi diantaranya ; Kuburan Alm. Ust. Fadhil Ahmadi yang meninggal pada tahun 2021, Alm. Ust. Muhammad Syafrizal yang meninggal pada tahun 2022, Alm. Ust. Edi Azhar yang meninggal pada tahun 2020, Almh. Ustzh. Fitriah yang meninggal pada tahun 2020 dan kuburan pendiri pesantren, Alm. H. Azhar Manyak yang meninggal pada tahun 2016 silam.

Kegiatan ziarah kubur ini dilakukan sehari sebelum berlangsung apel tahunan yang dipimpin langsung oleh pimpinan pesantren, Dr. Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd yang turut didampingi oleh Koordinator dan Kepala Bidang Pengurus Pesantren Modern Al Manar.

Selain berziarah, pimpinan pesantren berserta rombongan juga turut menyerahkan santunan kepada keluarga almarhum dan almarhumah.

Menurut pimpinan pesantren, Dr. Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd kegiatan ziarah kubur untuk para mujahidin dan mujahidah Al Manar, Dewan Guru Pengajar maupun pengurus yang pernah mengabdi di Pesantren Modern Al Manar ini akan diagendakan menjadi kegiatan tahunan menjelang pelaksanaan apel tahunan untuk mengingat jasa-jasa pengabdian para almarhum dan almarhumah.

“Tahun ini merupakan perdana kita agendakan kegiatan ziarah kubur untuk mujahidin dan mujahidah Al Manar ini, kedepan insyaallah kita agendakan menjadi kegiatan tahunan menjelang pelaksanaan apel tahunan, walaupun sebelumnya kita biasanya berziarah pada momen hari raya, namun apel tahunan ini akan kita jadikan sebagai momen mengingat jasa pahlawan Al Manar” Ujarnya.

Tonton Video Live Streaming PKA 2023 :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Membangun Pesantren Tangguh di Era Global: Dialog Inspiratif Pimpinan Pesantren Al Manar dan Rektor UNIDA Gontor

ALMANAR.ID – Dalam sebuah pertemuan hangat di Solong Coffee Jembatan Pango, Banda Aceh, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H....

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini