Pusat Pelayanan:

Memperkuat Dayah Ramah Anak: Santri Al Manar Siap Jadi Pelopor

Wajib Baca

ALMANAR.ID – Rabu, 12 Juni 2024, para santri Pesantren Modern Al Manar mengikuti pelatihan penguatan Santri Pelopor Program Dayah Ramah Anak Terintegrasi (Pro-DAI) 2023/2024, yang bertujuan untuk membekali para santri dengan pengetahuan dan keterampilan sehingga mereka mampu menjadi agen perubahan di Dayah dan komunitas dan merespon isu-isu yang berkaitan dan berdampak terhadap mereka, termasuk isu kekerasan, perundungan, dan kesehatan mental. 

Acara ini terselenggara atas kerjasama antara Pesantren Al Manar dengan UNICEF dan Yayasan Aceh Hijau. Dalam sambutannya, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada UNICEF dan Yayasan Aceh Hijau atas dukungannya dalam program pelatihan ini.

Sebagaimana dipahami, Pemerintah Aceh telah mendorong terwujudnya Dayah Ramah Anak sesuai Qanun Nomor 11 Tahun 2008. Dayah Ramah Anak adalah satuan pendidikan formal, non formal, dan informal yang aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup. Tujuannya adalah menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, serta melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya.

Salah satu komponen prinsip Dayah Ramah Anak adalah proses belajar yang ramah dengan pendekatan Disiplin Positif (Dispo). Pendekatan ini didasarkan pada budaya dan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter anak penerus bangsa yang berakhlak mulia.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan santri-santri yang tidak hanya unggul dalam akademis dan spiritual, tetapi juga menjadi pelopor dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan ramah anak di Aceh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini