Pusat Pelayanan:

Memasuki Musim Hujan, Guru Pengabdian Al Manar Tanam Pohon di Lingkungan Pesantren

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Memasuki musim penghujan, Pimpinan pesantren Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H. Ikhram M. Amin, M.Pd bersama guru pengabdian melakukan penamaman pohon di lingkungan pesantren, Selasa 26 September 2023.

Peremajaan tanaman serta pemberian pupuk sejumlah pohon perindang ini sebagai upaya pesantren melestarikan lingkungan tetap asri dan indah.

Selama ini lingkungan Pesantren Modern Al Manar terlihat asri dan sejuk dengan adanya sejumlah pohon di lingkungan pesantren, sehingga membuat santri terasa nyaman belajar dan melakukan aneka kegiatan.

Penamanan pohon sebagai perindang lingkungan ini sudah lama dilakukan, namun setiap tahunnya pihak pesantren terus melakukan peremajaan, menebang pohon yang sudah tua, seperti pohon trembesi yang akarnya bisa merusak pondasi bangunan, karena trembesi merupakan fast growing species (cepat tumbuh besar). Dengan perakaran dangkal sehingga menjalar kemana-mana dan bisa merusak pondasi bangunan bahkan mengangkat badan jalan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saat ini pihak pesantren mulai mengganti sejumlah pepohonan dengan pohon yang berbuah dan tanaman yang ringan yang sifatnya rindang tapi minim kemungkinan akarnya merusak bangunan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Membangun Pesantren Tangguh di Era Global: Dialog Inspiratif Pimpinan Pesantren Al Manar dan Rektor UNIDA Gontor

ALMANAR.ID – Dalam sebuah pertemuan hangat di Solong Coffee Jembatan Pango, Banda Aceh, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Dr. Tgk. H....

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini