Pusat Pelayanan:

Tingkatkan Minat Baca, Komunitas Baca Santriwati Al Manar Lakukan Visit Puswil

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Untuk meningkatkan minat baca, Komunitas Baca Santriwati Pesantren Modern Al Manar ‘Al Manar Readers Club’ (ARC) melakukan ‘Visit Library’ Perpustakaan Wilayah (Puswil) Provinsi Aceh, Rabu, (22/2/2023).

Mulai setelah makan siang, santriwati komunitas baca ini mulai bergerak ke Puswil yang berlamat di Jl. Teuku Nyak Arief, Lamgugob, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh itu menggunakan bus pesantren, hingga sore hari. Para santriwati ini turut didampingi oleh guru pembimbing Al Manar Readers Club.

Setiba di Puswil, para santriwati yang tergabung dalam komunitas baca ini dipandu oleh pegawai Puswil berkeliling, melihat semua ruangan yang ada di Puswil pasca dibangun baru.

Di salah satu ruang Puswil yang dikhususkan untuk anak-anak yang terdapat panggung pentas , salah satu anggota ARC, Munatul Azka, Juara I Story Telling Saleum MAN Model baru-baru ini diminta untuk tampil Story Telling yang turut disaksikan oleh pegawai Puswil.

Setelah selesai berkeliling melihat seluruh isi ruangan puswil, para santriwati ini berpencar membaca buku yang terdapat di ruang baca Puswil.

‘Visit Library’ merupakan salah satu program komunitas baca santriwati Al Manar. Selain “Visit Library” ada beberapa program lainnya yang sudah berjalan, yaitu, membaca buku Visit Bookstore, ‘One Week One Book‘, Review Buku dan Diskusi Buku.

Adapun program lainnya, diantaranya yang belum terlaksana adalah ; Baca Buku Outdoor, baik itu di lingkungan pesantren maupun di luar pesantren, seperti di lapangan Blang Padang Banda Aceh, sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca kepada masyarakat.

Al Manar Readers Club merupakan rebranding dari komunitas baca santri Al Manar yang sudah terbentuk sebelumnya pada tahun 2007 yang bernama ‘Gema Insani Pustaka’ yang diinisiasi oleh Ust. Murafiqi saat itu. Setelah Ust. Murafiqi selesai pengabdian di Al Manar pada tahun 2010 silam, komunitas baca ini sempat vakum.

Dan pada tahun 2021, komunitas ini dibentuk kembali atas kerjasama Bagian Humas dan Bagian Perpustakaan Al Manar, dengan berganti nama menjadi ‘Al Manar Readers Club’ dengan tagline ‘Readers Are Leaders’.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini