Pusat Pelayanan:

Santri Al Manar Raih Juara 1 Lomba Video Pendek Nasional

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID –  Santri Pesantren Modern Al Manar yang tergabung dalam Al Manar Film Maker (AFM) dibawah bimbingan Bagian Humas Pesantren Modern Al Manar berhasil memenangi Festival Video Pendek yang digelar oleh Dayah Modern Arun Lhokseumawe Tingkat Nasional.

Video pendek kreatif yang bertemakan tentang pentingnya berbahasa asing di era globalisasi ini berhasil meraih juara 1 setelah diumumkan secara virtual oleh panitia pelaksana pada Ahad, (20/3/2022).

Di video pendek tersebut mengangkat cerita santri yang mengganggap hal-hal remeh mengenai manfaat belajar bahasa, efek dari menyepelekan pentingnya bahasa di era globalisasi ini.

Meskipun di pesantren, santri diwajibkan berbahasa Arab dan Inggris, Billingual, namun terkadang santri masih banyak yang mengabaikan hal tersebut. Maka dalam video pendek tersebut ingin disampaikan ke publik baik itu untuk kalangan snatri maupun non santri, bahwa menguasai bahasa sangat penting untuk kehidupan era digital ini, sebagai alat komunikasi dan bekerja dalam bidang apapun.

Pembimbing santri Al Manar Film Maker (AFM), Ust. Muhammad Fazaki mengapresiasi atas keberhasilan anak didiknya, atas kerja keras mereka selama ini dalam berlatih, karena menurutnya adalah yang membanggakan bukan karena juaranya, tapi karena semua dikerjakan secara totalitas oleh santri, mulai dari ide cerita, aktornya, proses pengambilan gambar, hingga editing atau post production.

“Soal menang atau tidak menang dalam sebuah perlombaan bukan sebuah tujuan utamanya, itu hanya bonus, tapi yang paling penting adalah pendidikan untuk santri, mereka dibimbing lalu , mengerjakan sendiri setelah mendapatkan bimbingan dari kami, itulah pendidikan” Ujarnya.

Film Pendek Lainnya Karya Santri Al Manar :

Juara 1 Video Reporter Jurnalistik

Selain prestasi diatas, tahun 2021 yang lalu, Annisa Rahmatillah, salah satu santriwati yang tergabung dalam Lembaga Pers Santri Al Manar “Al ManarNews” juga memenangi juara 1 Environmental Journalist Competition yang dilaksanakan oleh River School dan LSM Akar Rumput.

https://www.instagram.com/tv/CV9R9IBBnx_/?utm_source=ig_web_copy_link

Di Pesantren Modern Al Manar, kegiatan jurnalistik merupakan salah satu kegiatan ektrakurikuler favorit bagi santri. Dibawah bimbingan Bagian Humas Pesantren Modern Al Manar, para santri dilatih menjadi Video Journalist (VJ), pengisi suara Voice Over (VO), Juru Kamera atau Cameraman, Jurnalis Media Cetak untuk website pesantren, menjadi Host Podcast, atau Presenter Outdoor, yang selalu siap ditugaskan di lapangan setiap ada event pesantren.

Video Reporter Santri dan Podcast Santri Al Manar :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terbaru

Umma Al Manar Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Program Masak Bersama

ALMANAR.ID – Organisasi Ummahatul Mu'allimat Al Manar (Umma) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ukhuwah dan memberdayakan anggotanya melalui program kerja...

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini